Tugas 10 - Studi Kasus Vira BCA Chatbot

Nama: Nur Hidayati
NRP: 05111940000028
Kelas: Rekayasa Kebutuhan - D

Studi Kasus Vira BCA Chatbot

VIRA merupakan kepanjangan dari (Virtual Assistant Chat Banking BCA). Setelah dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Kaskus Chat, kini Vira juga hadir di Asisten Google. Vira bisa membantu nasabah BCA dalam mengetahui informasi dan promosi seputar BCA dan transaksi terkait. 
  • Organization Chart
Organization chart merupakan diagram yang menyampaikan struktur internal perusahaan secara visual dengan menjelaskan peran, tanggung jawab, dan hubungan antar individu dalam suatu lembaga atau organisasi. Adapun organization chart PT. BCA sebagai  berikut:

  • Use Case Diagram
Use case diagram adalah satu dari berbagai jenis diagram yang menggambarkan hubungan interaksi antara sistem dan aktor. Pada VIRA chatbot, use case diagramnya yaitu sebagai berikut:

  • Use Case Specification
Adapun masing-masing spesifikasi untuk use case diagram pada VIRA chatbot yaitu sebagai berikut:

  • Use Case Scenario
VIRA merupakan sebuah layanan perbankan berbasis chat. Mula-mula nasabah melakukan inisiasi layanan dengan cara mengirimkan chat awal yang kemudian memilih menu yang dibutuhkan. Apabila nasabah ingin melihat data rekening, layanan VIRA mewajibkan nasabah untuk mendaftarkan rekening melalui VIRA. Selanjutnya, layanan VIRA akan menampilkan form dan nasabah memasukkan nomor rekening dan nomor HP. Apabila nomor rekening dan nomor HP sesuai, layanan VIRA akan mengirimkan OTP untuk dimasukkan oleh nasabah. Selanjutnya, nasabah akan memasukkan OTP dan kemudian layanan VIRA akan memproses login yang dilakukan nasabah. Setelah login, nasabah dapat mengakses menu-menu layanan VIRA. Apabila nasabah akan mengecek saldo, nasabah dapat menekan menu yang sesuai dan VIRA akan mengirimkan chat berupa data saldo. Apabila nasabah ingin mengecek data rekening, nasabah dapat menekan menu dan VIRA akan mengirimkan chat berisi mutasi rekening empat transaksi terakhir.
  • Activity diagram
Masing-masing user case memiliki activity diagram yaitu sebagai berikut:

  • User Interface Flow Template
Adapun user interface flow dari VIRA chatbot yaitu sebagai berikut:

  • Decision Tree
Decision tree adalah model prediksi menggunakan struktur pohon atau struktur berhirarki. Salah satu metode klasifikasi yang paling populer, karena mudah untuk diinterpretasi oleh manusia. Adapun decision tree untuk VIRA chatbot yaitu sebagai berikut:

  • Data Flow Diagram
Data Flow Diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan aliran data dari sebuah proses yang sering disebut dengan sistem informasi. Di dalam data flow diagram juga menyediakan informasi mengenai input dan output dari tiap entitas dan proses itu sendiri. Adapun data flow diagram untuk VIRA chatbot yaitu sebagai berikut:

  • State Diagram
State diagram adalah diagram yang digunakan untuk medeskripsikan perilaku sistem. State diagram mendeskripsikan semua kondisi yang mungkin muncul sebagai sebuah object begitu pula dengan event. Adapun state diagram untuk VIRA chatbot yaitu sebagai berikut:


Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3: Analisis Kecelakaan pada Pesawat Boeing 737 MAX

Tugas 1- Studi Kasus 1 Aplikasi Parkir

Tugas 9 - Requirement Modelling Language (RML) Aplikasi Loket.com