Pembuatan Spesifikasi Aplikasi Moka
Nama : Nur Hidayati
NRP : 05111940000028
Kelas : Rekayasa Kebutuhan D
Pada tugas kali ini, saya melakukan analisis pada aplikasi Moka POS untuk saya gali kebutuhannya. Sebelum melakukan penggalian kebutuhan, saya akan mendeskripsikan mengenai aplikasi Moka POS tersebut.
Deskripsi Moka POS
Aplikasi Moka POS merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan metode Point of Sale yaitu metode menggabungkan perangkat lunak dan perangkat keras yang membentuk suatu sistem dengan tujuan untuk memudahkan transaksi dengan pelanggan. Dengan adanya aplikasi ini tentunya akan memudahkan kasir untuk bertransaksi denga pelanggan. Pada awal perkembangannya, metode POS adalah sebutan mesin kasir yang merupakan suatu mesin semacam kalkulator yang dilengkapi laci uang dan pencetak struk serta item apa yang dijual. Seiring perkembagan zaman, ternyata kurang memenuhi kebutuhan karena pelaku usaha memerlukan detail laporan rugi dan laba, stok barang dan kebutuhan lainnya. Hal ini dikarenakan rekapan keluar harus ada catatan lagi dari admin atau ataupun owner yang tentunya memakan waktu dan sangat tidak praktis. Maka dari itu, muncullah sistem kasir yang terintegrasi dengan laporan-laporan, baik laporan transaksi, laporan item terjual dan stok hanya berdasarkan inputan kasir sehingga admin ataupun owner hanya tinggal memantau laporan saja. Untuk mendukung jalannya sistem ini, diperlukan hardware di antaranya laptop/tablet/PC, printer kasir, laci uang, dan scanner barcode (opsional). Adanya sistem ini tentu dapat membantu pelaku usaha dalam bertransaksi dengan pelanggan.
Penggalian Kebutuhan Aplikasi
Penggalian kebutuhan perangkat lunak diperlukan sebelum menentukan spesifikasi atau fitur dari perangkat lunak tersebut. Berdasarkan analisis, adapun kebutuhan-kebutuhan tersebut yaitu sebagai berikut:
- Perlunya pembenahan sistem konvensional menjadi sistem yang lebih modern sehingg memudahkan kasir untuk bertransaksi denga pelanggan.
- Perlunya sistem yang tidak hanya bisa mencetak struk pelanggan, tetapi juga bisa mendata inventori barang, mengetahui detail laporan penjualan dan profit yang bisa diatur baik harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan.
- Perlunya sistem yang memiliki keamanan dalam bertransaksi.
- Membantu pemilik usaha untuk memantau transaksi usahanya dari manapun dan kapanpun.
- Mengatasi masalah perhitungan item secara realtime.
- Menyediakan user guide bagi pengguna aplikasi.
- Menyediakan tutorial penggunaan aplikasi.
Spesifikasi Kebutuhan Aplikasi
Berdasarkan hasil analisis dari penggalian kebutuhan, spesifikasi kebutuhan aplikasi dibedakan menjadi dua, yaitu kebutuhan fungsional dan kebutuhan non-fungsional. Adapun spesifikasi kebutuhan fungsional dari aplikasi yaitu sebagai berikut:
- (SKPL-F01) Sistem menyediakan fitur bagi penjual melakukan registrasi.
- (SKPL-F02) Sistem menyediakan fitur bagi penjual melakukan login.
- (SKPL-F03) Sistem memungkinkan penjual melakukan manajemen stok item.
- (SKPL-F04) Sistem memungkinkan penjual melakukan manajemen karyawan.
- (SKPL-F05) Sistem memungkinkan penjual melakukan manajemen customer.
- (SKPL-F06) Sistem memungkinkan penjual melakukan manajemen diskon pada item.
- (SKPL-F07) Sistem memungkinkan penjual melaukan manajemen order dari customer.
- (SKPL-F08) Sistem memungkinkan penjual bisa melakukan pemilihan jenis transaksi penjualan (dine in atau take away).
- (SKPL-F09) Sistem menyediakan fitur agar penjual bisa memilih metode pembayaran customer.
- (SKPL-F10) Sistem memungkinkan pemjual untuk menerima pembayaran menggunakan e-wallet.
- (SKPL-F11) Sistem menyediakan fitur bagi penjual untuk melakukan pengiriman receipt kepada customer melalui email dan nomor hp.
- (SKPL-F12) Sistem menyediakn fitur agar penjual bisa mencetak receipt.
- (SKPL-F13) Sistem memungkinkan penjual melakukan pembatalan pembelian item sesuai permintaan customer dengan authorization code.
- (SKPL-F14) Sistem memungkinkan penjual bisa melakukan split bill sesuai permintaan customer.
- (SKPL-F15) Sistem memungkinkan pembeli membayar menggunakan e-wallet.
- (SKPL-F16) Sistem memungkinkan admin untuk melakukan manajemen cabang.
- (SKPL-NF01) Sistem dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
- (SKPL-NF02) Sistem mewajibkan user untuk login sebelum mengakses sistem sepenuhnya.
- (SKPL-NF03) Aplikasi dapat diakses menggunakan perangkat mobile atau PC.
- (SKPL-NF04) Sistem terlindungi dari virus dan malware.
- (SKPL-NF05) Sistem memiliki latensi yang rendah.
- (SKPL-NF06) Sistem memiliki keamanan data tinggi.
- (SKPL-NF07) Sistem mampu mempercepat proses transaksi.
Comments
Post a Comment