Tugas 4 - Elisitasi Kebutuhan Perangkat Lunak

Nama : Nur Hidayati
NRP : 05111940000028
Kelas : Rekayasa Kebutuhan D

Pada tugas 4 ini, saya akan membahas mengenai langkah awal rekayasa kebutuhan yaitu elicitation (elisitasi). Untuk perangkat lunak yang akan saya analisis yaitu aplikasi iTani. Aplikasi iTani merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial persembahan Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Aplikasi iTani dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. Dengan fitur media sosial yang kita punya, kita dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain. Kita dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang kita baca, menyampaikan ulasan buku serta mendapatkan teman baru. Membaca ebook di aplikasi iTani bisa dilakukan secara online maupun offlline. Aplikasi iTani terdiri dari beberapa perpustakaan digital lingkup Kementrian Pertanian, dimana semua perpustakaan digital terebut diintegrasikan dalam satu aplikasi. Seperti aplikasi pada umumnya, iTani pun dilengkapi dengna security system untuk mellindungi data-data penggunanya.
Konsep dari aplikasi iTani adalah menyatukan konten dan komunitas dalam sebuah aplikasi yang mudah dan menyenangkan. Tidak hanya itu, aplikasi iTani di-setting untuk mampu menggerakkan komunitas agar berperan dalam pembangunan pertanian. Pada aplikasi iTani, terdapat keanggotaan, jumlah copy buku, waktu pinjam, dan jumlah buku yang akan dipinjam. 

Elisitasi Kebutuhan

Elisitasi kebutuhan merupakan tahapan pertama dari rekayasa kebutuhan pernagkat lunak. Proses elisitasi kebutuhan meliputi proses mengidentifikasi dan menemukan persyaratan dari berbagai sumber misalnya melalui wawancara, observasi, analisis dokumen, workshop, dan mekanisme lainnya. Elisitasi kebutuhan melibatkan pemangku kepentingan baik individu maupun suatu organisasi. Pada saat proses elisitasi kebutuhan, praktisi perangkat lunak bekerja dengan pengguna akhir sistem untuk mencari tahu dan menggali tentang domain aplikasi, layanan apa saja yang harus disediakan oleh sistem, dan bagaimana kinerja sistem yang diperlukan. 

Untuk melakukan elisitasi kebutuhan perangkat lunak, ada beberapa metode yang dapat dilakukan misalnya dengan melakukan survey, interview, observasi, maupun menganalisis dokumen. Pada proses elisitasi kebutuhan perangkat lunak, terdapat langkah-langkah yang dilakukan supaya proses elisitasi berjalan dengan baik. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Mengidentifikasi stakeholder.
2. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan pengguna.
3. Mengidentifikasi kebutuhan fungsional, kebutuhan non-fungsional, dan kebutuhan sistem.

A. Mengidentifikasi Stakeholder

Berdasarkan hasil observasi, adapun stakeholder (pihak yang berhubungan) aplikasi ini yaitu sebagai berikut:

1. Organisasi pemilik aplikasi

Stakeholder yang merupakan organisasi pemilik aplikasi yaitu pihak Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Kementrian Pertanian dalam hal ini bertanggung jawab atas kelancaran aplikasi iTani, memastikan data pengguna aman, dan memastikan infomasi yang terdapat di aplikasi tervalidasi dan terpercaya.

2. Administrator aplikasi

Administrator aplikasi iTani bertanggung jawab dalam mengelola sistem, yaitu mengelola laporan bulanan pengunjung, data peminjaman dan pengembalian buku.

3. Pengguna aplikasi

Stakeholder pengguna aplikasi meliputi masyarakat, mahasiswa pertanian, civitas akademik pertanian, dan lain-lain. Stakeholder ini dapat melakukan peminjaman buku secara online dengan batas peminjaman selama 3 hari, melakukan pengambalian buku, dan berbagi pengalaman tentang buku yang dibaca.

4. Pihak pengembang aplikasi (developer)

Stakeholder ini bertanggung jawab untuk menggembangkan perangkat lunak dan melakukan maintenance terhadap perangkat lunak. Adapun dari pihak pengembang aplikasi yaitu sebagai berikut:
  • Project Manager
  • UI/UX Designer 
  • Front End Developer
  • Back End Developer
  • System Analyst
  • Quality Assurance
  • Database Administrator
Dari beberapa pihak pengembang aplikasi tersebut, pihak yang bertanggung jawab pada proses elisitasi kebutuhan yaitu Project Manager dan System Analyst.

5. Penerbit buku

Stakeholder ini bertanggung jawab untuk menerbitkan dan menyediakan literatur untuk pengguna aplikasi.

B. Mengidentifikasi Goals (Tujuan)

Adapun tujuan yang ingin didapatkan dari pembuatan aplikasi iTani yaitu sebagai berikut:
  1. Menyediakan literatur bagi pengguna aplikasi.
  2. Memudahkan pengguna membaca dan meminjam buku secara online. 
  3. Mengurangi mobilitas dengan adanya peminjaman online apalagi dengan kondisi pandemi sekarang ini.
  4. Menumbuhkan minat baca.
  5. Memudahkan pengguna untuk berbagi pengalaman terhadap buku yang dibaca.
  6. Memudahkan pengelolaan data-data buku dan pengunjung oleh administrator.
C. Mengidentifikasi Kebutuhan

Adapun kebutuhan pada aplikasi yang akan diidentifikasi meliputi kebutuhan fungsional dan non-fungsional yaitu sebagai berikut:

Kebutuhan fungsional:
  1. Pengguna dapat melakukan registrasi (sign up).
  2. Pengguna dapat terhubung dengan media sosial.
  3. Pengguna dapat mengganti password apabila lupa akan passwordnya.
  4. Pengguna dapat melihat profile, notifikasi, status badges, book to finish, list followers, dan list following pada menu dashboard.
  5. Pengguna dapat melakukan pengaturan akun profile (edit foto, password).
  6. Pengguna dapat melakukan chatting dengan pengguna lain.
  7. Pengguna dapat mengalami peningkatan status badges (level baca) jika memenuhi persyaratan.
  8. Pengguna dapat mencari buku yang dibutuhkan melalui fitur search.
  9. Pengguna dapat melihat detail buku (judul, pengarang, ISBN, penerbit, dll).
  10. Pengguna dapat berbagi info tentang detail sebuah buku kepada pengguna lain melalui media sosial.
  11. Pengguna dapat mengikuti dan mendapatkan informasi dari user lain melalui fitur follow/unfollow.
  12. Pengguna dapat melihat koleksi buku yang sudah dimiliki (current), koleksi yang ingin di baca (want), dan koleksi yang sudah selesai dibaca (history).
  13. Sistem menyediakan eReader (fitur yang dilengkapi Table of Content, Change Font Style, Change Font Type, Line Spacing, Change Theme, Bookmark, dan Search).
  14. Pengguna dapat melihat kumpulan informasi yang bersifat publik (feeds). 
  15. Pengguna dapat menggunakan aplikasi meskipun tidak terhubung internet (offline).
Kebutuhan non-fungsional:

  1. Aplikasi dapat diakses 24 jam.
  2. Sistem terintegrasi dengan sistem informasi sebelumnya.
  3. Sistem mewajibkan user untuk login sebelum mengakses sistem sepenuhnya.
  4. Sistem dapat diakses melalui perangkat manapun.
  5. Sistem terlindungi dari virus dan malware.
  6. Data pengguna hanya dapat diakses oleh admin.
  7. Sistem menggunakan Bahasa Indonesia.

Metode Elisitasi Kebutuhan

Saya menggunakan metode observasi dan interview untuk melakukan elisitasi kebutuhan. List pertanyaan interview difokuskan untuk menggali proses bisnis, kebutuhan, dan ekspektasi dari masing-masing stakeholder. Adapun list pertanyaan yang digunakan yaitu sebagai berikut:

Pertanyaan:
  1. Pertanyaan umum seperti nama dan pekerjaan.
  2. Adakah keinginan untuk meningkatkan minat baca?
  3. Apakah yang diperlukan untuk membantu meningkatkan minat baca?
  4. Apakah terdapat existing system sebelumnya atau tidak?
  5. Apabila terdapat existing system, apakah terdapat kendala dalam menggunakan existing system dan  sistem seperti apa yang dibutuhkan?
  6. Kendala yang ingin diselesaikan dengan adanya perangkat lunak baru?
  7. Apa saja kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan dengan adanya perangkat lunak baru?
  8. Fitur apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan Anda melalui perangkat lunak ini?

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3: Analisis Kecelakaan pada Pesawat Boeing 737 MAX

Tugas 1- Studi Kasus 1 Aplikasi Parkir

Tugas 9 - Requirement Modelling Language (RML) Aplikasi Loket.com