Tugas 1- Studi Kasus 1 Aplikasi Parkir

Nama : Nur Hidayati
NRP : 05111940000028
Kelas : Rekayasa Kebutuhan D

1. Deskripsikan aplikasi parkir

Cashless parking merupakan parkir tanpa uang tunai atau bisa diartikan suatu sistem pembayaran parkir tanpa menggunakan uang dalam bentuk fisik, melainkann melalui aplikasi. Aplikasi parkir non-tunai tersebut merupakan seperangkat aplikasi dengan sistem yang terintegrasi secara otomatis dari data parkir yang terbuat saat pengguna akan memasuki area parkir hingga sistem pembayaran parkir yang efektif dan efisien menggunakan kartu tol maupun pembayaran menggunakan QRIS sebagai payment gateway. Sistem pembayaran ini biasa disebut dengan cashless payment, dimana pengguna dapat melakukan pembayaran dengan scan barcode melalui aplikasi e-wallet, misalnya Shopee.

Proses bisnis penggunaan aplikasi cashless parking dimulai ketika pengguna parkir akan memasuki area parkir. Pengguna akan diberikan sebuah karcis parkir otomatis dan sistem akan melakukan pendataan waktu kedatangan dan plat nomor kendaraan pengguna parkir. Setelah pengguna menerima karcis tersebut, maka palang pintu masuk akan otomatis terbuka dan pengguna dapat memarkirkan kendaraannya.

Selain itu, proses bisnis penggunaan aplikasi cashless parking bekerja ketika pengguna parkir akan keluar dari area parkir dan tiba di payment gateway. Mesin akan menampilkan biaya parkir yang harus dibayarkan pengguna dengan menghitung waktu penggunaan area parkir. Hal tersebut dapat diidentifikasi dari plat nomor kendaraan pengguna. Selanjutnya, pengguna dapat memilih metode cashless payment untuk melakukan pembayaran biaya parkir. Pengguna dapat menggunakan kartu tol dimana kartu tersebut dapat dibaca oleh card reader melalui sensor. Selain itu, pengguna dapat melakukan pembayaran biaya parkir menggunakan QRIS yang mana pengguna harus melakukan scan barcode melalui aplikasi e-wallet. Jika pembayaran berhasil, maka palang pintu akan terbuka dan pengguna dapat keluar dari area parkir.

2. Identifikasi user dan stakeholder

     Adapun user dan stakeholder dari aplikasi cashless parking yaitu sebagai berikut:
     User:
            - Pengguna area parkir
            - Administrator 
     Stakeholder:
            - Pemilik area parkir
            - Payment Provider

3. Tulis/gambarkan kebutuhan dari masing-masing user/stakeholder

Adapun kebutuhan dari masing-masing user/stakeholder yaitu sebagai berikut:
User:
       - Pengguna area parkir:
                1. Mendapatkan karcis parkir.
                2. Mendapatkan area parkir yang aman.
                3. Mendapatkan informasi mengenai biaya parkir.
                4. Kemudahan akses untuk melakukan pembayaran biaya parkir.
       - Administrator:
                1. Mengakses sistem informasi parkir.
                2. Mengelola data pengguna area parkir.
                3. Membuat laporan pendapatan dari transaksi parkir.
Stakeholder:
       - Pemilik area parkir:
                1. Sistem yang terpelihara dan siap digunakan.
                2. Mendapatkan laporan pengelolaan area parkir.
                3. Mendapatkan laporan pendapatan transaksi parkir.
       - Payment Provider:
                1. Sistem terintegrasi dengan bank penerbit payment card.
                2. Komunikasi data yang terenkripsi sehingga dapat menjaga keamanan data. 

4. Tentukan aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar

Adapun aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan dengan lancar yaitu sebagai berikut:
1. Jaringan internet yang memadai.
2. Listrik yang memadai.
3. Sensor perekam plat nomor kendaraan.
4. Kertas untuk mencetak karcis parkir.
5. Kamera CCTV.
6. Area parkir.
7. Card reader yang terintegrasi dengan sistem.
8. Barcode scanner yang terintegrasi dengan sistem.
9. Database dan server.
10. Palang pintu untuk keluar masuk kendaraan.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3: Analisis Kecelakaan pada Pesawat Boeing 737 MAX

Tugas 9 - Requirement Modelling Language (RML) Aplikasi Loket.com